GO-JEK INDONESIA
Go Jek Indonesia
adalah suatu jasa transportasi yang ada di jakarta yang beroperasi sejak tahun
2011, Go-Jek merupakan pionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha
menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya
Strengths
(Kekuatan) :
·
Kekuatan dari dalam yang dimiliki
oleh Go-jek adalah satu-satunya model alat transportasi umum yang menawarkan
berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang,
Go-Jek juga menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir
instan, dan personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek
ini adalah menggunakan layanan sms, telephon dan aplikasi mobile jadi penumpang
tidak perlu menghampiri tukang ojek cukup telephon atau mengirim pesan Go-jek
akan menghampiri anda.
Weaknesses
(Kelemahan) :
·
Kelemahan dari Go-jek ini adalah
ketika pelanggan menggunakan layanan personal shopping mungkin barang yang di
inginkan kurang sesuai dengan yang di inginkan ketika kurang lengkap
menjelaskan barang apa yang ingin dibeli dan saat ini go-jek masih menyediakan
credit untuk pembelian barang tidak lebih dari satu juta rupiah
Opportunities
(Peluang) :
·
Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini
adalah Go-jek dapat memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di
indonesia bukan hanya di Jakarka karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini
dapat juga membantu Tukang Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur
tranportasi umum di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.
Threats (Ancaman) :
·
Ancaman yang akan dihadapi go-jek
saat ini adalah munculnya pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama
LAZADA
Salah satu contoh dari perusahaan
yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena
tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan
transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus
bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di
dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana
pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan
tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja
yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24
jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.
Strengths
(Kekuatan) :
·
Transaksi antara pembeli dan penjual
dilakukan secaracepat, mudah dan murah.
Weaknesses
(Kelemahan) :
·
Barang tidak bisa dipegang secara
langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda
dengan yang ditampilkan
Opportunities
(Peluang) :
·
Dapat menghasilkan produk baru yang
banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus
dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual
Threats (Ancaman) :
·
Dikhawatirkan adanya pembuatan
website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak
adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya
perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya
aktivitas ekonomi.
OLX
OLX adalah sebuah
situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual
produk serta jasa online. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru
atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan
rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
Pasang iklan gratis
adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para
penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli,
juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi
search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat
menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari
produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan
tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".
Strengths
(Kekuatan) :
·
OLX sangat mudah diakses dalam
hal mendaftar, menjual (memasang iklan) ataupun membeli.
·
Mudah ditemukan di search engine.
·
Tidak hanya bisa menjual barang baru,
tetapi juga bisa menjual barang bekas yang masih bisa dipergunakan (dari segi
penjual).
·
OLX sudah banyak dikenal banyak
orang.
Weaknesses
(Kelemahan) :
·
Rawan terjadi penipuan akibat
bebasnya memasang iklan
·
Tampilannya web kurang menarik
·
Terdapat beberapa barang yang
tidak sesuai dengan yang dipasang pada iklan
·
Hanya menggunakan bahasa Indonesia
saja, jadi sulit untuk WNA yang ingin mengakses dan bertransaksi
Opportunities
(Peluang) :
·
Peluang bagi orang yang ingin
berbisnis secara online
·
Memudahkan orang yang ingin menjual
barang-barang miliknya
·
OLX lebih mudah dan lebih familiar
dimasyarakat, jadi banyak pelanggan / pengunjung yang mengunjungi.
Threats (Ancaman) :
· Semakin
banyak pesaing yang menyediakan layanan yang sama Banyak
penjual yang tidak jujur dalam menjual barang Masih
banyak barang-barang yang kualitasnya kurang bagus, bisa mengakibatkan
pengunjung beralih ke toko online lain.
· Rentan
terhadap penipuan
CARREFOUR
Perusahaan ritel
yaitu Carrefour ikut memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan
bisnis mereka. Carrefour memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan
mereka dan juga data-data atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya
informasi-informasi seperti diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga
Carrefour menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk
mengakses atau berbelanja via online. Sistem pembayaran yang Carrefour tawarkan
dengan e-commerce hampir sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card
dan dengan keamanan yang terjaga dan aman dari tindakan criminal.
Strengths
(Kekuatan) :
·
Pemimpin pasar( Market Leader)
·
Keberanian untuk memasukan
pasar yang disuport oleh partner joint venture
·
Kualitas toko yang tinggi
dengan didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
·
Bisnis retail terbesar kedua di dunia
dan bisnis retail terbanyak secara international
·
Merk yang kuat diberbagai segmen
pasar
·
Pemimpin dunia didalam bisnis
hypermarket
·
Perkembangan e-commerce yang menjadi
trend saat ini
Weaknesses
(Kelemahan) :
·
Permintaan yang besar tergantung pada
pasar
·
Kurang memperhatikan aspek
etika bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)
Opportunities
(Peluang) :
·
Memperluas area produk dan pelayanan
melalui diperluasnya area layanan produk
·
Pertumbuhan penduduk mengakibatkan
meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant
Threats (Ancaman) :
·
Yang ancaman pasarnya tidak
dapat mendukung lebih banyak outlet
·
Krisis ekonomi global menyebabkan
penurunan transaksi perdagangan
·
Tidak diketahuinya pajak yang
ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan
Komentar
Posting Komentar