Analisis Swot Kasus Perusahaan E-Commerce terhadap Etika Bisnis

 GO-JEK INDONESIA
Go Jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi yang ada di jakarta yang beroperasi sejak tahun 2011, Go-Jek merupakan pionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya

Strengths (Kekuatan) : 
·         Kekuatan dari dalam yang dimiliki oleh Go-jek adalah satu-satunya model alat transportasi umum yang menawarkan berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang, Go-Jek juga menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir instan, dan personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek ini adalah menggunakan layanan sms, telephon dan aplikasi mobile jadi penumpang tidak perlu menghampiri tukang ojek cukup telephon atau mengirim pesan Go-jek akan menghampiri anda.

Weaknesses (Kelemahan) :
·         Kelemahan dari Go-jek ini adalah ketika pelanggan menggunakan layanan personal shopping mungkin barang yang di inginkan kurang sesuai dengan yang di inginkan ketika kurang lengkap menjelaskan barang apa yang ingin dibeli dan saat ini go-jek masih menyediakan credit untuk pembelian barang tidak lebih dari satu juta rupiah

Opportunities (Peluang) :
·         Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini adalah Go-jek dapat memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di indonesia bukan hanya di Jakarka karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini dapat juga membantu Tukang Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur tranportasi umum di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.

Threats (Ancaman) :
·         Ancaman yang akan dihadapi go-jek saat ini adalah munculnya pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama

LAZADA
Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.

Strengths (Kekuatan) : 
·         Transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan secaracepat, mudah dan murah.
Weaknesses (Kelemahan) :
·         Barang tidak bisa dipegang secara langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda dengan yang ditampilkan
Opportunities (Peluang) :
·         Dapat menghasilkan produk baru yang banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual
Threats (Ancaman) :
·         Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya aktivitas ekonomi.

OLX
OLX adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa online. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".

Strengths (Kekuatan) : 
·          OLX sangat mudah diakses dalam hal mendaftar, menjual (memasang iklan) ataupun membeli.
·         Mudah ditemukan di search engine.
·         Tidak hanya bisa menjual barang baru, tetapi juga bisa menjual barang bekas yang masih bisa dipergunakan (dari segi penjual).
·          OLX sudah banyak dikenal banyak orang.

Weaknesses (Kelemahan) :
·          Rawan terjadi penipuan akibat bebasnya memasang iklan
·         Tampilannya web kurang menarik
·          Terdapat beberapa barang yang tidak sesuai dengan yang dipasang pada iklan
·         Hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, jadi sulit untuk WNA yang ingin mengakses dan bertransaksi

Opportunities (Peluang) :
·         Peluang bagi orang yang ingin berbisnis secara online
·         Memudahkan orang yang ingin menjual barang-barang miliknya
·         OLX lebih mudah dan lebih familiar dimasyarakat, jadi banyak pelanggan / pengunjung yang mengunjungi.

Threats (Ancaman) :
·   Semakin banyak pesaing yang menyediakan layanan yang sama Banyak penjual yang tidak jujur dalam menjual barang Masih banyak barang-barang yang kualitasnya kurang bagus, bisa mengakibatkan pengunjung beralih ke toko online lain.
·    Rentan terhadap penipuan

CARREFOUR
Perusahaan ritel yaitu Carrefour  ikut memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online. Sistem pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman dari tindakan criminal.

Strengths (Kekuatan) : 
·         Pemimpin pasar( Market Leader) 
·          Keberanian untuk memasukan pasar  yang disuport oleh partner joint venture
·          Kualitas toko yang tinggi dengan didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
·         Bisnis retail terbesar kedua di dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
·         Merk yang kuat diberbagai segmen pasar
·         Pemimpin dunia didalam bisnis hypermarket
·         Perkembangan e-commerce yang menjadi trend saat ini

Weaknesses (Kelemahan) :
·         Permintaan yang besar tergantung pada pasar
·          Kurang memperhatikan aspek etika bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)

Opportunities (Peluang) :
·         Memperluas area produk dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
·         Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant

Threats (Ancaman) :
·          Yang ancaman pasarnya tidak dapat mendukung lebih banyak outlet
·         Krisis ekonomi global menyebabkan penurunan transaksi perdagangan
·         Tidak diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliah, Lomba, Organisasi. Why not?

The Beauty of Islam Perspective That We Need to Learn

Judgement and Decision Making Podcast #dirumahaja