Segmentasi Global, Teknik Value Chain, Strategi Berekspansi, Daya Saing serta E-Marketing
1. Jelaskan mengenai
segmentasi pasar global:
Segmentasi pasar adalah
proses memiliki suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang
berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa. Pemasaran segmen, segmen pasar
terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.
Pemasar tidak menciptakan segmen, tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen
dan memutuskan yang mana akan menjadi target. Beberapa priset berusaha untuk
membentuk segmen dengan mengamati ciri-ciri konsumen secara geografis,
demografis, psikologis, perilaku, manfaat dan segmentasi vertikal versus
horizontal.
2. Jelaskan bagaimana
menetapkan sasaran global:
Merupakan tindakan
mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasi dan kemudian
memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi yang paling
besar. Untuk menentukan target dengan peluang pasar target global, sama seperti
kalau menetapkan satu negara sebagai sasaran yaitu: besar segmen pasar saat ini
dan potensi pertumbuhan yang diantisipasi, persaingan, kecocokan dari target
denan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan kelayakan untuk mencapai sukses.
3. Jelaskan bagaimana
menentukan posisi produk dipasar global:
Ada beberapa untuk
menentukan posisi produk dipasar global yaitu:
1) Geografis, dengan
membagi pasar menjadi unit-unti geografi yang berbeda, seperti wilayah (Asia
Pasifik, Afrika, Eropa) ukuran kota (penduduk kota kecil, kota menengah, kota
besar) dan iklim. Dimana pasar pada segmen yang sama relatif dekat satu sama
lainnya dan mudah didatangi pada kunjungan yang sama atau dihubungi dalam zona
waktu yang sama.
2) Demografis, segmen
yang terdiri dari pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok dengan dasar
variable-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga,
siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama ras dan
kewarganegaraan.
3) Psikografi, pembeli
dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup dan
kepribadian.
4. Jelaskan mengenai
pemasaran di negara berkembang:
Negara berkembang seperti
Brasil, Meksiko, India dan China berkontribusi lebih dari 30% dari GDP dunia
dan 70% dari penduduk dunia. Namun, mereka telah menyumbang lebih dari setenah
pertumbuhan GDP global sejak tahun 2001. Perusahaan MNC (Multinasional) berebut
menjual produknya di dunia negara berkembang. Seiring dengan penjualan,
muncullah penelitian pelanggan-pelanggan mereka yang dimulai di dunia Barat.
Sementara perusahaan multinasional mengerti bahwa gelombang pertumbuhan
berikutnya terletak pada dunia negara berkembang, mereka sering memaksa untuk
mencocokkan wawasan dan strategi dari OECD1 ke negara-negara berkembang, yang
menyebabkan hasil buruk.
Contohnya adalah
mengenai bagaimana asumsi negara maju menerapkan langkah yang kurang tepat pada
situasi pasar yang sedang berkembang diantaranya, dengan asumsi bahwa
metodologi penelitian yang sama harus diterapkan, terlepas dari jatuh tempo
pasar, survei terlepon dan internet sering digunakan sebagai metodologi
penelitian pilihan di dunia bisnis. Hal ini disebabkan biaya rendah dan budaya
kerja sama yang besar dengan proyek-proyek penelitian.
Teknik pengambilan
keputusan terkait dengan rantai pasok (supply chain) dan rantai nilai (value
chain)
5. Jelaskan mengenai
tantangan menentukan pemasok:
Tantangan dalam
menentukan pemasok adalah untuk mewujudkan nilai yang akan memenuhi kebutuhan
pelanggan.
6. Jelaskan mengenai
sistem nilai, rantai nilai dan peran stategik pemasaran global:
Rantai nilai
mengungkapkan tiga macam peranan untuk pemasaran dalam strategi persaingan
global yaitu:
1) Peranan yang berkaitan
dengan konfigurasi pemasaran. Walaupun banyak kegiatan pemasaran yang harus
dilakukan dalam setiap negara, value dapat didapatkan dengan memusatkan
beberapa kegiatan pemasaran pada suatu lokasi saja. Contohnya service.
2) Peranan kedua dari
pemasaran adalah koordinasi kegiatan pemasaran di seluruh negara untuk
meningkatkan pengetahuan perusahaan. Integrasi ini dapat memiliki berbagai
bentuk, termasuk transfer pengalaman relevan melintas batas-batas negara dalam
bidang-bidang seperti manajemen pelangganan global dan penggunaan pendekatan.
3) Peranan ketiga dari
pemasaran adalah memanfaatkan peluang untuk keunggulan di bagian hulu dalam
rantai nilai. Salah satu contoh kasusnya ialah pengembangan kamera canon model
AE-1.
7. Jelaskan mengenai
kriteria keputusan, dan altenatif strategi pemasok:
Pemilihan strategi
memasuki pasar gloabl dan berekspansi, dan juga mengidentifikasikan masalah dan
ketidakjelasan, mengumpulkan informasi, membuat prediksi kemungkinan yang
terjadi, mengambil keputusan dari alternatif-alternatif yang ada, dan
mengevaluasi hasil terhadap prediksi yang telah dibuat.
8. Jelaskan mengenai
pasar global:
Pasar global adalah pasar
berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Pasar global mengalami
perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain
adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas
dengan harga murah, misalnya china dan taiwan.
9. Jelaskan mengenai
ekspor:
Ekspor adalah penjualan
barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas
dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan
importir. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang
arau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain. Ekspor
barang secra besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara
pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan
internasional. Penjualan barang oleh eksportir keluar negeri dikenai berbagai
ketentuan dan pembatasan serta syarat-syarat khusus pada jenis komoditas
tertentu termasuk cara penangan dan pengamanannya.
10. Jelaskan mengenai
lisensi:
Lisensi adalah sebagai
bentuk pemberian izin untuk memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual dimana
bisa diberikan pemeli lisensi kepada penerima lisensi dengan maksud agar
penerima lisensi bisa melakukan kegiatan usaha atau memproduksi produk tertentu
dengan menggunakan hak atas kekayaan intelektual yang dilisensikan. Dalam
lisensi ditemukan istilah perjanjian lisensi, perjanjian lisensi adalah
perjanjian antara dua pihak ataupun lebih dimana satu pihak bertindak
memberikan lisensi sebagai pemilik atau pemegang lisensi kepada pihak yang
bertindak sebagai penerima lisensi, sehingga pihak penerima lisensi bisa dengan
legal memproduksi dan memasarkan produk/jasanya.
11. Jelaskan mengenai
usaha jenis patungan:
Usaha Patungan: usaha
patungan merupakan bentuk kemitraan yang berasal dari ekspedisi perdagangan
maritim Yunani dan Romawi dengan tujuan untuk menggabungkan peserta menajemen
dan kontribusi modal usaha terbatas pada penyelesaian proyek perdagangan
tertentu. Bentuk perusahaan patungan antara lain kemitraan dan perusahaan dalam
dan luar negeri dan sementara serta relatiff permanen. Usaha patungan
mengumpulkan modal untuk menawar dalam multi-miliar dollar untuk lisensi
layanan komunikasi pribadi dan untuk membangun jaringan telepon nirkabel
nasional. Salah satu keuntungan dari usaha patungan adalah menghindari akuisisi
mahal. Usaha patungan dengan perusahaan AS yang umum yang tua dan terkenal
adalah Dow Corning.
12. Jelaskan mengenai
strategi perluasan pasar:
• Tambahkan produk serta
layanana baru
• Menjual produk dan
layanan pada pelanggan yang sudah ada dengan peningkatan jumlah
• Lebarkan pasar ke
daerah baru
• Targetkan pasar serta
pelanggan baru
• Masuk pada sistem
penjualan baru
• mengambilalih bisnis
lain
Strategi perluasan pasar
dimana sebuah organisasi target produk yang sudah ada ke pasar baru,
pengembangan pasar dengan menargetkan pasar geografis baru, segmen demografis
atau psikografis baru atau pengguna benar-benar baru.
13. Jelaskan mengenai
penentuan posisi pasar:
Penentuan posisi pasar
atau positioning adalah segala upaya untuk mendesain produk serta merek agar
dapat menempati sebuah posisi yang unik dibenak konsumen. Hasil dari posisi
pasar (positioning) adalah terciptanya proposisi nilai yang pas dimata konsumen
dan menjadi salah satu alasan konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan.
Strategi persaingan
global serta daya saing
14. Jelaskan mengenai
analisis industri:
Analisis industri adalah
kelompok perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang serupa, pemeriksaan
tentang pentingnya kelompok pemegang saham dalam lingkungan kerja perusahaan
disebut analisis industri.
15. Jelaskan mengenai
keunggulan kompetitif:
Keunggulan kompetitif
atau keunggulan bersaing adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakterisik
dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi
dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.
16. Jelaskan mengenai
persaingan global dan keunggulan kompetitif nasional:
Menurut asal katanya,
persaingan dunia adalah "globalisasi" diambil dari kata global,
yang maknanya ialah universal. Menurut istilah Globalisasi
adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari
setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi
belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working
definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang
memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses
alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin
terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan
ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya
masyarakat.
17. Jelaskan mengenai
e-marketing:
Di sisi lain, ada yang
melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa,
sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya.
Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk
yang paling mutakhir.Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan
mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak
berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh
besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang
lain seperti budaya dan agama.
17definisi yang lebih
luas dikemukakan oleh Giddens (1999) yang merumuskan globalisasi sebagai
"interkoneksi sedunia pada level kultural, politik dan ekonomi yang
dihasilkan dari eliminasi hambatan-hambatan komunikasi dan perdagangan".
Dengan kata lain, Giddens meyakini bahwa globalisasi merupakan proses
konvergensi aspek-aspek budaya, politik, dan ekonomi dalam kehidupan.
Terlepas dari perdebatan
menyangkut konseptualisasi istilah globalisasi', satu hal yang pasti adalah
dampak signifikannya bagi dunia bisnis dan pemasaran. Salah satu implikasi
strategiknya berkenaan dengan semakin kuatnya intensitas persaingan dan semakin
luasnya lingkup kompetisi. Pesaing yang dihadapi sebuah perusahaan tidak Iagi
datang dari kawasan atau wilayah geografis setempat, tetapi raksasa global
darimancanegara hadir untuk saling berebut pasar.
18. Jelaskan mengenai Komunikasi
Pemasaran Global:
Komunikasi pemasaran
adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya
pemasaran. Sedangkan komunikasi pemaasaran global merupakan efektivitas
komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas negara.
Bentuk-bentuk Utama Dari Komunikasi Pemasaran Global:
• Personal Selling
• Advertising
• Sales Promotion
• Public Relations
1. Sponsorship Marketing
2. Publicity
Daftar pustaka:
Komentar
Posting Komentar